About

SMA Negeri 2 Barru berdiri sejak 12 juli 2010, dan saat ini baru memiliki 2 generasi. Berlokasi di lajulo (dekat Bumi Perkemahan Lajulo). Sekolah ini merupakan Sekolah Menengah Atas berasrama (boarding school) pertama yang didirikan Pemerintah Daerah Kab. Barru. Dengan demikian, diharapkan adanya pembinaan intensif dan pengelolaan pembelajaran yang efektif. Sebagai sekolah berasrama, SMA Negeri 2 Barru memiliki fasilitas asrama dan ruang belajar yang memadai. Hadirnya SMA Negeri 2 Barru diharapkan dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Kabupaten Barru dengan memberikan fokus pada pembinaan IPTEK dan IMTAQ siswa menuju persaingan global.

Sekolah ini yang dikepalai oleh Drs. Muhammad Abidin, M.Pd. ini direncanakan dan ditetapkan seabagai sekolah menengah unggulan di kabupaten Barru.

Siswa SMAN 2 Barru saat ini berjumlah kurang lebih 160 orang yang terbagi dalam 7 kelas, mereka merupakan siswa-siswa terpilih yang dipilih melalui tes tertulis dan wawancara yang ketat. Guru-guru SMAN 2 Barru pun merupakan guru terbaik di kabupaten barru yang juga dipilih melalui seleksi Dinas Pendidikan.

Sebagai salah satu sekolah menengah unggulan, sekolah ini seperti sekolah lainnya tentu memiliki visi dan misi. Berikut adalah visi dan misi SMAN 2 Barru :

Visi :
Membentuk insan unggul yang sehat, cerdas, berbudi pekerti luhur, dan berwawasan global
berlandaskan iman dan taqwa

Misi :
1. Meningkatkan kegiatan pembelajaran secara efektif
2. Melaksanakan bimbingan belajar secara optimal
3. Memaksimlakan kegiatan ekstrakurikuler
4. Melaksanakan kegiatan MGMP
5. Mengembangkan kegiatan MBS
6. Membina kelompok IPTEK siswa berdasarkan budaya daerah
7. Membina kelompok kesenian berdasarkan budaya daerah
8. Membina cabang olahraga dan prestasi
9. Membina kelompok kewirausahaan
10. Membina kedisiplinan siswa dengan keteladanan
11. Melaksanakan kelompok keagamaan
12. Membina baca tlis Al-Qur’an dan shalat berjamaah
13. Mengembangkan kepedulian terhadap lingkungan
14. Melaksanakan hari sehat
15. Melaksanakan hari berbahasa asing
16. Menggunakan ICT dalam aktivitas belajar dan mengajar

Predikat unggulan tidak hanya merupakan suatu kebanggaan tersendiri, tapi juga merupakan tuntutan berat yang harus dibalas dengan berbagai prestasi. Untuk memenuhi tuntutan tersebut dan mengasah kemampuan siswa lebih jauh lagi, maka tenaga edukatif SMAN 2 Barru berusaha untuk melaksanakan kegiatan bimbingan olimpiade dan ekstrakurikuler secara rutin setiap pekan dan sekarang SMAN 2 Barru yang masih berusia muda sudah menjadi sekolah yang kegiatan bimbingan olimpiade dan ekstrakurikulernya selalu aktif tiap pekan. Berikut adalah bimbingan olimpiade dan ekstrakurikuler di SMAN 2 Barru :

Bimbingan Olimpiade :
– Olimpiade Matematika
– Olimpiade Biologi
– Olimpiade Fisika
– Olimpiade Kimia
– Olimpiade Astronomi
– Olimpiade Kebumian
– Olimpiade Ekonomi
– Olimpiade TIK
– Olimpiade Olahraga

Kegiatan Ekstrakurikuler :
– Pramuka
– Palang Merah Remaja (PMR)
– Ekstrakurikuler Olahraga
– Ekstrakurikuler Seni
– Ekstrakurikuler Komputer
– Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja(KIR)
– Rohani Islam (Rohis)
– Conversation

Dengan bimbingan olimpiade dan ekstrakurikuler yang terlaksana dengan baik, maka tidak heran jika di usia yang masih sangat muda SMAN 2 Barru telah mengoleksi puluhan piala bergengsi, baik di tingkat kabupaten maupun provinsi.

Tinggalkan komentar